Rabu, 18 Desember 2013

AHMAD ABDUL HADI - Eksportir Buah Unggulan Indonesia


Saat Ahmad Abdul Hadi melihat peluang mengekspor mangga gedong produksi lahan keluarganya, ia sama sekali tidak memiliki pengetahuan tentang cara mengekspor. Berkat kemampuannya belajar dan mencoba, ia berhasil mengirim buah-buah unggulan Indonesia ke berbagai penjuru dunia.

Hadi pria kelahiran Cirebon, 7 Oktober 1984 ini hidup di keluarga yang memiliki perkebunan mangga jenis gedong gincu. Keluarganya memiliki lahan seluas hampir 1 hektare di Kampung Kedawung, Cirebon. Setiap kali panen, ia mengamati bahwa mangga-mangga tersebut semuanya dikirim dan didistribusikan hanya sebatas antar kota dan pasar domestik. Mengapa tidak diekspor?

Keinginan menembus pasar ekspor menari-nari di pikirannya. Namun, ia belum mengerti seluk beluk mengenai proses ekspor, bagaimana prosedurnya, bagaimana dokumen-dokumennya, bagaimana cara mencari pembeli, dan sebagainya. Lewat internet, ia rajin mencari tahu tentang tata cara ekspor. Ia juga memotret beberapa contoh mangganya untuk di e-mail kepada calon-calon pembeli.

Akhirnya, ada satu pembeli dari Singapura yang menerima tawarannya. Sebelum barang dikirim, pembeli Singapura ini ingin melihat contoh buahnya. Saat membawa beberapa sampel buah ke Singapura, Hadi sempat tertahan di Bandara Changi karena penampilan yang kurang meyakinkan, plus ia tidak membawa sertifikat untuk mangga-mangganya. Di sana, ia baru mengetahui produk pertanian harus menyertakan sertifikat agar bisa masuk ke Singapura.

Singkat kata, Hadi mencapai kesepakatan dengan pembeli Singapura itu. Paket ekspor pertama dari CV Sumber Buah, berisi mangga gedong gincu dengan merek SAE, dikirim tanggal 13 Oktober 2008. Ia tidak akan pernah lupa tanggal tersebut, karena selain ekspor pertamanya, tanggal ini berbarengan dengan ulang tahun ibunya. Dalam dua bulan, mahasiswa Jurusan Ekonomi Manajemen, Universitas Swadaya Gunungjati, Cirebon ini berhasil mengekspor total 17,5 ton ke pembeli tersebut. Pembeli pertama asal Singapura ini banyak memberi ilmu kepada Hadi, mulai dari urusan dokumen hingga cara packaging yang baik.

Pada tahun 2009, sekitar 200 ton buah asal Indonesia (sebagian besar mangga) berhasil diekspor ke berbagai negara, seperti Singapura, Hongkong, Bahrain, Uni Emirat Arab, dan Belanda. Bukan kebetulan ia mendapat pembeli dari kawasan Arab karena ia pernah mondok di Pesantren Gontor Darussalam, Ponorogo, Jawa Timur, yang sehari-hari mempelajari bahasa Inggris dan Arab secara intensif.

Keberhasilan Hadi menembus pasar ekspor ini menarik perhatian Kementrian Pertanian dan Dinas Pertanian Cirebon karena biasanya yang berhasil mengekspor itu adalah pengusaha yang berasal dari kota-kota besar saja. Ia pun diajak pada pameran ke luar negeri, seperti Bahrain, Kuwait, dan Hongkong, yang memberinya tambahan pembeli.

Kini, Hadi berhasil mengekspor 500 ton buah per tahun, terdiri dari mangga, manggis, rambutan, jambu biji, salak, dan sebagainya. Hasil panen sebanyak itu berasal dari lahan perkebunan mitranya yang berasal dari Cirebon, Medan, Bali, NTB, hingga Kalimantan. Ia berhasil menyejahterakan puluhan karyawan beserta ribuan petani mitranya.

Quick Tips

Tidak tahun bukan alasan untuk tidak memulai bisnis, karena internet menyediakan semua info yang kita butuhkan.

 Sumber : 101 Young CEO

50 komentar:

SALAM KENAL SEMUA.
kami dari AGROBUAH mencoba peluang exportir buah indonesia terutama pepaya.
adakah yang punya info pembeli dari luar negeri / export

Saya mau coba jd pemasok manggis gmn caranya ?

Saya mau coba jd pemasok manggis gmn caranya ?

Saya mau export mangga harumanis dari gresik jawa timur

Bolehkah minta Nomor telp bapak?

Permisi... Sispa tahu ada yg berminat..

http://m.olx.co.id/iklan/kebun-manggis-20ton-thn-500mtr-dari-proyek-kampus-iain-padang-bu-IDiN49f.html?code=591bb6a726

Permisi... Sispa tahu ada yg berminat..

http://m.olx.co.id/iklan/kebun-manggis-20ton-thn-500mtr-dari-proyek-kampus-iain-padang-bu-IDiN49f.html?code=591bb6a726

Saya menyediakan pepaya jenis penang dan california.. dengan intensitas panen 5-10 ton per panen.. apakah ada perusahaan atau pembeli yang berminat .. jika ada hubungi saya di nomor 082383849991...

Gmna caranya mas atau pak ..kalau mau ekspor buah sawo ke luar negeri ???

Saya menyediakan buah nanas madu kwalitas super,rutin dan stok banyak.hub 081329760049

hallo, saya dr NGCargo bandung ingin menawarkan jasa pengiriman barang ke dalam & luar negeri (domestik& ekpor ) via udara dr kota bandung.
Proses cepat,aman dan harga yg lbh murah dr lainnya.
melayani penjemputan barang dan door service di beberapa kota/negara tujuan.
Bila membutuhkan kami,bisa hubungi
Phone/wa : +6281296149802 / +6285793100852

Saya cari exportir sirsak ke malaysiA,,saya pembeli dari Kuala lumpur .
WA.0182627602

Saya bisa bantu untuk exportnya pak, saya save nomornya tidak ada WA. Ini WA saya pak +6285778563510

Salam kenal saya ada rencana kirim buah alpukat ke negara China apakah ada yang bisa bantu untuk pengiriman nya.jika ada hub no wa 082174555535

slmt sore ..saya rencana mau kirim durian ke china dan hongkong..ada yg bisa bantu..tentang cara ya ..atas info y sebelum ya saya ucap kan byk terima kasih

nomo saya di 089656161913..

Mohon mana tau ada eksportir yg minat alpukat mentega biasa saya suplai trims

barang kali ada eksportir yang butuh suplayer blimbing bangkok merah. saya siap untuk bekerja sama.

Salam kenal.nama saya wiwin,suplier buah dari kota medan,indonesia.barang kali ada yg membutuhkan buah dari berbagai macam jenis yg tumbuh disekitaran kota medan .silahkan pesan ke saya.(export) .no.whatsupp 082361929717

boleh... nanti saya hubungi bapak..

Saya ingin Memasok nanas Madu gimana Carane

Pak saya ingin ikut jadi pemasok mangga gimana caranya

Pak saya dari indramayu mau ikut jadi pemasok buah mangga gimana caranya

adakah buyer dihongkong untuk buah durian,saya siap suplay,montong super
WA 082143615949

Buyer nya sudah ada pak ?? Kalau butuh pengirimannya sy bisa bantu dengan harga murah..bisa hubungi di +6282221111774

Assalaamualaikum, perkenalkan nama saya dodi dari Sukabumi-Jawabarat, Barangkali ada exportir ataupun buyer yang minat untuk buah sirsak? Saya siap untuk supplie buah tersebut, CP/WA: 0895-2859-4111 / 0815-8434-3464, terima kasih

Assalamualaikum. .perkenalan saya Dodi efendi dari batusangkar - Sumatra barat padang . Ingin mencari buyer alpokat diluar negri . Saya siap supplier buah alpokat .
Wa 081268982992. Walaikumsalam .

Saya produksi keripik singkong adakah yang minat untuk jadi distributor ini wa saya 082225161781

Assalamu'alaikum perkenalkan sy hary dr kab Pemalang , Jateng,sy produsen nanas madu siap suplay nanas madu untuk pasar domestik dan luar Negeri CP WA 0823 1426 6909) hary)

Assalamu'alaikum perkenalkan sy hary dr kab Pemalang , Jateng,sy produsen nanas madu siap suplay nanas madu untuk pasar domestik dan luar Negeri CP WA 0823 1426 6909) hary)

Aslamualikum boss, perkenelkan nama saya aziz dr pati jateng, siap menyuply jeruk pamelo madu untuk pasar domestik dan luwar negeri, WA(088226537462)

Aslamualikum boss, perkenelkan nama saya aziz dr pati jateng, siap menyuply jeruk pamelo madu untuk pasar domestik dan luwar negeri, WA(088226537462)

Aslamualikum boss, perkenelkan nama saya aziz dr pati jateng, siap menyuply jeruk pamelo madu untuk pasar domestik dan luwar negeri, WA(088226537462)

Salam saya pengepul mangga alpukat bangil... Barang kali ada buyer yang mau menerima barang saya WA (085325772595)

Kalau alpukat saya banyak pak
Kalau butuh bisa kabari saya ke email devisukarman5@gmail.com

Saya dari medan.ingin men supley buah Al pukat ke luar negeri..apa bila membutuhkan WA.082333248380

asalamualaikum saya arfin dari ponorogo jawa timur pengen belajar cara supley buah mangga dari daerah saya.. mohon bantuannya ... terima kasihh

Barangkali ada yang cari buah Apel Malang sialhkan hub saya,. Ready stok
081333302330

Saya punya alpukat mentega bos,ada kah yang bisa export buah alpukat ke malasya.panen 2 sampai 3ton per hari
WA:082274698880

Assalamualaikum,Saya mustakim dari medan,saya mau export durian asli medan,ada yg bisa bantu cari buyer diluar negeri (wa 081263381998) terimakasih wassalam.

Pak saya mau kirim nenas sumatra utara gmn pak...? buat nenas tahan sampai di luar negri pakai apa pak?? Wa 085277733477

Assalamualaikum saya dari bayuwangi mungkin ada pengepul/buyer untuk kerjasama menerima hasil pertanian saya buah naga, semangka, melon. Telp/wa 082257182144. Email setyawanmega12@gmail.com
Terimakasih

Assalamualaikum, perkenalkan saya fatimah. Dr Ngawi,lingkungan sayabanyak sekali tanam melon. Ingin ekspor melon... Adakah yg mau kerja ama membantu... Hub wa saya 0857 55917207

helo nama saya Agos dari Kediri..jika ada buyer mangga di sini saya siap suplay..mohon hubungi tlp/wa 081 317 117 513

Saya dari sumatra utara tepatnya dikota binjai...medan...
Bisa ready buah bengkuang.dan ubi jalar.

Saya dari sumatra utara tepatnya dikota binjai...medan...
Bisa ready buah bengkuang .jagung manis.dan ubi jalar.Siap jd penyupai...

Alpukat mentega lg berapa bos

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More