Senin, 02 Desember 2013

Sekilas Pesta Wirausaha Passion for Fashion

Momentum entrepreneurship di indonesia ditandai dengan Booming-nya kelas ekonomi menengah pada tahun 2010. Menurut Yuswohadi, peneliti dari SWA, capaian ekonomi menengah Indonesia dicirikan dengan tercapainya GDP masyarakat Indonesia Sebesar $3000. Hal ini tentu saja meningkatkan daya beli masyarakat yang menjadi faktor kuat tumbuhnya entrepreneurship.

Bandung adalah kota Entrepreneur. Sebutlah saja komunitas entrepreneur, seperti komunitas Tangan Di Atas (TDA) Bandung, yang terus tumbuhdan berkembang baik dari segi kualitas maupun kuantitas di kota ini. Beragam kegiatan entrepreneur periode mingguan, bulanan atau tahunan seperti  Pesta Wirausaha TDA Bandung menjadi penyemarak kekuatan Entrepreneurship di kota ini. Lihatlah wisatawan domestik yang jumlahnya pada akhir pekan terus meningkat. Belum lagi wisatawan mancanegara yang terus melakukan peningkatan aktifitas transaksi di kota bandung. Sampai-sampai beberapa maskapai penerbangan meningkatkan frekuensi penerbangan ke kota ini.

Profil entrepreneurship kota Bandung yang melekat adalah fashion, sebutannya bandung Paris van Java. Beragam jenis fashion kreatif dari ujung kepala sampai ujung kaki lahir mewarnai kancah nasional bahkan internsional. Bukan hanya produk fashion hilir, bahkan hulunya, tekstil, garmen berada dikawasan Bandung. Profil inilah yang melatarbelakangi komunitas Bisnis TDA Bandung mengangkat tema Passion for Fashion dalam event Pesta Wirausaha tahun 2013 untuk dijadikan peluang bersama bagi para komunitas bisnis, pelaku bisnis, masyarakat, pemerintah dan perbankan.

Ada beberapa catatan penting dari Pak Walikota Bandung -Ridwan Kamil- untuk para wirausahawan Bandung, beberapa diantaranya:
1. Bandung diminati Malaysia dan Timur Tengah. Hal ini menarik karena semakin dekatnya kita dengan AFTA maka produk-produk kreatif dan berkualitas dari Bandung, kedepannya akan Kang Emil (panggilan akrab Ridwan Kamil) promosikan ke dua negara tersebut. 
2. Bandara di Bandung akan dipercantik agar mempermudah wisatawan asing untuk langsung berkunjung ke kota Bandung.
3. Disediakannya bus wisata 2 tingkat untuk para wisatawan asing yang datang ke Bandung.

Dari sekian banyak rencana pembangunan Bandung ke depan, tentu ini merupakan peluang bagi wirausahawan Bandung untuk berlomba-lomba menghasilkan produk unik dan berkualitas agar bisa go internasional.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More