Selasa, 14 Januari 2014

Zong Quinghou: Penjual Susu yang Miliki Pabrik Minuman Terbesar di China

Zong Quinghou ialah miliuner China yang juga adalah pendiri dan CEO (chief executive officer) di Hangzhou Wahaha Group yang merupakan perusahaan minuman papan atas di negeri tirai bambu. Ia menduduki posisi pria terkaya di dunia dengan kekayaan sebesar 11,6 miliar dollar.

Zong lahir bulan Oktober 1945 di Zhejiang, China. Saat ia lulus dari sekolah menengah, ia harus kembali ke rumah karena ibunya pensiun. Karena pendidikan yang tidak memadai itu, ia tidak bisa menemukan pekerjaan yang layak. Ia pun memulai berbisnis kecil-kecilan, dari menjual susu di distrik Shangcheng. Kemudian ia memimpin perusahaan Wahaha yang mendistribusikan es, minuman bersoda dan alat tulis. Zong bekerjasama dengan dua guru sekolah dan meminjam 140 ribu yuan untuk memulai produksi dan mendistribusikan susu. Dalam dua dekade ia berekspansi sehingga perusahaannya berkembang dari sebuah toko kecil di sebuah sekolah sampai menjadi perusahaan yang besar dan mapan.

Gaya bekerjanya otokratis disertai etika kerja yang kokoh. Dengan kualitas entrepreneurial yang penting ini, ia berhasil membuat Wahaha menjadi pabrikan minuman terbesar di China. Ia juga mendirikan Pabrik Makanan Wahaha di Hanzhou. Minuman bernutrisi itu menjadi pondasi kerajaan bisnis yang sukses itu. Saat pemerintah menyaksikan penjualan Wahaha yang demikian tinggi, pemerintah mengajaknya mengakuisisi sebuah pabrik pengalengan yang merugi. Zong sepakat dan perusahaan-perusahaannya melebur menjadi satu di tahun 1991 meskipun terjadi pertentangan dengan para karyawan yang menyalahkan Zong karena dianggap begitu rakus dan kapitalis.

Zong Qinghou menerima sejumlah penghargaan dan gelar dari Serikat Dagang China seperti National Excellent Entrepreneur. Ia juga diberikan gelarNational Excellent Manager, Model of Patriotism to Support the Armed Forces dan Outstanding Builder of Socialism with Chinese Characteristics".

Zong menerima gelar First Chinese Entrepreneurs Entrepreneurship Prize. Di tahun 1992, ia memenangkan State Spark Second Prize yang diberikan padanya oleh Komisi Sains Negara. Di tahun 1994, ia dinobatkan sebagai China Management Master.

Zong menyerahkan semua imbalan yang diterima sebagai donasi tetapi ia tidak cuma memberikan secara cuma-cuma. Ia yakin bahwa kaum papa harus bekerja keras mengangkat diri mereka sendiri dari kemiskinan yang menjebak. Menurutnya, memberikan bantuan begitu saja tidaklah bijak karena mereka tidak akan membelanjakannya dengan penuh pertimbangan.

Zong menjadi anggota Kongres Rakyat Nasional China di bulan Maret 2013. Menurut Forbes, ia menjadi pria terkaya di China pada tahun 2010.

Di tahun 2012, Zong menduduki peringkat teratas daftar orang terkaya di China dan 86 di dunia. Zong terlibat dalam kontroversi tahun 2008 saat 'Caijing sebuah majalah China melaporkan bahwa dirinya diinterogasi untuk dugaan penghindaran pajak hingga 300 juta yuan.

Zong Qinghou menikah dengan Shi Youzhen dan memiliki satu anak perempuan bernama Kelly. Istrinya ialah Manajer Pembelian di Wahaha. Anak perempuannya yang kuliah di Pepperdine University, AS, juga memainkan peran penting di perusahaan. Namun, Zong belum mengukuhkannya sebagai pengganti sampai sekarang. Taipan ini juga mempertimbangkan masuk ke dunia ritel. Rencananya ialah membuka ratusan supermarket di sejumlah kota. (ap)

sumber : http://ht.ly/symRv

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More