Editor’s note : Creasionbrand adalah
Creative Sales & Brand Consultant yang membantu klien meningkatkan
potensi penjualan dengan cara-cara yang kreatif dan inovatif melalui
aktivitas membangun Brand & Creative Sales, baik melalui aktifitas
on line maupun offline
Suatu hari saya bertemu dengan seorang teman perempuan. Kalau
diperhatikan dan danannya sudah jauh berbeda dibandingkan jaman waktu
kuliah dulu, lebih fashionable dan nampak memakai atribut yang bermerk.
Lalu tanpa diminta pun sambil ngobrol sesekali dia mengatakan merk-merk
atribut yang dia pakai sekarang, mulai dari syal, jam tangan, sepatu
sampai tas jinjingnya. Selain itu dia juga menyebutkan mana yang asli
dan mana yang KW.
Saya hanya tersenyum saja menanggapi ceritanya, dalam hati saya berkata“sepertinya yang namanya perempuan memang ditakdirkan untuk punya naluri hobi belanja”.
Karakter perempuan yang cenderung lebih emosional tidak cuma dalam
kehidupan sehari-hari tapi juga sangat terasa ketika berbelanja, coba
deh diingat-ingat kita berbelanja lebih sering karena memang butuh atau
cenderung lebih karena mendadak pengen aja? Kayaknya sh lebih sering
mendadak beli karena ada promo yang menarik yah hehe.
Nah selain itu perempuan juga cenderung cerewet dan kalo sudah
berkumpul dengan teman-temannya nalurinya adalah ngerumpi. Yup ngerumpi
tentang apapun, mulai dari keseharian sampai urusan belanja-belanja ini.
Nah pada kesempatan kali ini, saya mau share nih 7 taktik promosi yang bisa kita manfaatkan untuk menggarap segmen perempuan.
1. Promo gratis
Siapa sih yang tidak suka kalau dikasih gratisan?
Taktik promo yang satu ini biasanya menarik banyak orang untuk beli,
apalagi perempuan. Yup kita bisa menggunakan taktik promo ini untuk
meningkatkan penjualan. Misalnya nih produk kita jualan kerudung nah
misalnya setiap pembelian kerudung item tertentu kita kasih gratis
sebuah bros cantik.
2. Promo diskon
Taktik promo diskon ini bisa kita terapkan di momen-momen tertentu.
Misalnya nih momen menjelang puasa dan lebaran dimana biasanya tingkat
pembelian konsumen meningkat. Kita kasih diskon all item 50% atau bisa
juga dengan penawaran membeli item tertentu dengan jumlah minimal yang
sudah kita tentukan akan mendapatkan diskon. Dengan taktik promo diskon
ini kita bisa mengharapkan konsumen untuk melakukan #buy more.
3. Promo voucher
Selain diskon hal yang menarik bagi perempuan adalah voucher. Yup
misalnya nih setelah konsumen membeli 2 item senilai Rp 100.000 maka dia
akan mendapatkan voucher senilai Rp 25.000. voucher ini dapat
ditukarkan langsung sebagai diskon pembelian barang yang dibeli pada
saat itu maupun ditukarkan dengan barang yang lain seharga voucher
tersebut. Biasanya nih perempuan tuh suka penasaran deh kalo dapet
voucher dan tidak ditukarkan.
4. Promo trial
Taktik promo trial ini akan membuat adanya customer experience. Misalnya
kita punya bisnis spa, di hari tertentu kita membuka free trial untuk
item tertentu. Free trial ini misalnya hanya untuk mahasiswa atau
misalnya untuk karyawati. Tergantung dari segmen perempuan mana yang
menjadi target pasar kita. Ketika mereka sudah merasakan ecxperience-nya
mereka akan tergerak untuk ngerumpi ke teman-temannya dan akhirnya
mencoba lagi bersama temannya untuk datang lagi ke tempat itu.#buy
recommendation
5. Promo limited offer
Biasanya perempuan yang hobi belanja suka kalap kalau lihat barang bagus
dan dia suka pasti dia langsung beli, padahal belum tentu itu masuk
dalam list belanjanya. Nah apalagi nih ya kalau barangnya itu udah
didiskon, dan dikasih batas waktu, kemungkinan besar dia tidak akan
berlama-lama berpikir untuk mendapatkan barang yang dia inginkan.
#buy now
6. Promo package
Tidak semua perempuan emosional dalam berbelanja, banyak juga perempuan
yang berpikir ulang ketika akan membeli sesuatu, biasanya ibu rumah
tangga penuh itung-itungan nih kalo belanja. Nah kita bisa terapkan
taktik promo package. Misalnya nih kalau dia membeli satu toples kue
seharga Rp 30.000 , tapi kalau dia membeli sepaket kue dengan isi 2
toples harganya jadi Rp 50.000. Dengan begitu dia bisa mendapat keduanya
dengan harga yang lebih murah. Jadi kita tinggal membuat paket
penawaran dengan harga yang lebih murah dibandingkan jika mereka membeli
satuan.
Sumber: http://goo.gl/iLTZbQ
0 komentar:
Posting Komentar