Jumat, 05 Desember 2014

Pengetahuan Tentang Melek Keuangan

Apa sih pendidikan melek keuangan?
Pendidikan melek keuangan adalah pendidikan yang membuat kita tahu dan bisa mengatur pendapatan, pengeluaran, dan lainnya terkait uang kita seperti tabungan dan pinjaman.

Apa manfaat melek keuangan?
Dengan paham keuangan, kita bisa membuat keputusan lebih baik sehingga rencana seperti naik haji, membayar sekolah anak, beli rumah dan lainnya lebih mudah terwujud.

Apa saja yang akan dipelajari?


  1. Anggaran
  2. Pencatatan keuangan untuk usaha dan pribadi
  3. Tabungan dan hutang
  4. Piutang
Apa itu anggaran?
Anggaran adalah rencana pengelolaan keuangan kita

Apa gunanya anggaran?

  1. Anggaran membantu kita mengetahui untuk apa saja uang kita akan terpakai.
  2. Jika tertib mengikuti anggara yang telah disusun, dapat membantu kita mewujudkan impian masa depan

Bagaimana cara menyusun anggaran?

  1. 1Buat kategori anggaran yang sesuai dengan kebutuhan kita. Misalnya kategori transport untuk perkiraan pengeluaran naik angkot, atau kategori belanja toko untuk perkiraan pengeluaran membeli barang-barang di toko
  2. Perkirakan jumlah pengeluaran dan pendapatan dalam satu bulan. Pengeluaran adalah uang yang kita keluarkan untuk membeli atau mendapatkan sesuatu. Contoh pengeluaran: uang angkot, bayar listrik, belanja makan-makanan kecil untuk di toko. Pendapatan adalah uang yang kita terima, contohnya: gaji dan hasil jualan makanan kecil dari toko.
  3. Setelah itu, bagi-bagi pendapatan pada kategori yang sudah dibuat sebelumnya. Misalnya, kebutuhan untuk membayar listrik selama sebulan adalah Rp 200.000, maka alokasi anggaran listrik dapat dibuat Rp 200.000. Jika pendapatan kita tidak mencukupi untu memenuhi biaya di setiap kategori, lakukan penyesuaian, misalnya dengan mengurangi perkiraan pengeluaran atau dengan memperpanjang waktu menabung, misalnya menabung untuk perbaikan rumah yang awalnya 24 bulan menjadi 36 bulan.

Tips

  1. Masukkan dana untuk kebutuhan tak terduga dalam anggaran
  2. Ajak keluarga untuk terlibat dalam menyusun dan memenuhi anggaran. Dalam menyusun anggaran usaha, selalu libatkan mitra usaha.
  3. Lihat kembali tujuan keuangan dan anggaran secara berkala. Anggaran dapat berubah seiring terjadinya perubahan harga.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More