Kamis, 28 November 2013

JULIE SHIE - Pemilik Belasan Perusahaan Internasional Sebelum Kepala Tiga

Bagaimana rasanya memiliki belasan perusahaan, semuanya di tingkat internasional, sebelum usia tiga puluh? Coba tanya Julie Shie, yang saat usianya belum genap tiga puluh tahun sudah memiliki 14 perusahaan di bawah bendera Worldwide Group yang bergerak di bidang transportasi, logistik dan properti, dengan omzet belasan juta dolar Amerika atau miliaran rupiah per tahun.

Julie yang lahir di Aceh 8 Februari ini lahir di keluarga dengan ekonomi menengah, tidak kurang satu apa pun. orang tuanya juragan angkot yang juga punya usaha laundry. Namun, Julie kecil selalu dididik untuk menghargai uang dan tidak pernah begitu saja diberi uang saku. Di usia enam tahun, Julie membantu bisnis laundry orang tuanya dengan membantu memilah dan menandai pakaian milik pelanggan. Julie juga kerap ikut ibunya pergi berbisnis antarkota dan bertemu banyak orang, sehingga ia menjadi anak yang supel.

Di usia delapan tahun, ia sudah berjualan permen dan makanan ringan di sekolah. Usia 14 tahun, Julie bekerja paruh waktu di toko unggas dan elektronik. Julie kemudian mengajar privat anak TK hingga SMP saat duduk di bangku kelas 3 SMP. Per murid ia mendapatkan antara Rp80.000 - Rp12.000, jumlah yang sangat besar pada zamannya.

Selepas SMA, Julie mencoba hal baru dengan bekerja pada perusahaan perdagangan valuta asing (valas). Pekerjaan ini mengharuskan lembur setiap hari, karena pasar mata uang dolar baru aktif pukul 12 malam waktu Indonesia. Alhasil, ia pun mengundurkan diri hanya dalam tiga bulan. Ia lalu bekerja di sebuah perusahaan fordwarding, yang kemudian mempercayainya memegang kantor cabang di Pekanbaru dan Padang. Namun kemudian Julie mengundurkan diri saat usia 19 tahun karena ada masalah di internal perusahaan.

Berbekal pengalamannya bekerja di perusahaan forwarding tersebut, Julie mendirikan perusahaan forwarding-nya sendiri bernama PT Samudra Indah Berkatindo dengan modal pinjaman dari ayah dan temannya sebanyak Rp30 juta. Tidak sampai satu bulan, pinjaman ini berhasil ia kembalikan.

Meningkatnya perdagangan ekspor-impor dari Indonesia membuat permintaan atas jasa forwarding semaking tinggi pula. Julie kemudian mendirikan perusahaan forwarding di Singapura bernama Worldwide Shipping Logistic Services Pte Ltd pada tahun 2006. Perusahaannya ini menjembatani pedagang karet di Indonesia dengan pembeli di China. Tidak berhenti, Julie mendirikan Omega Shipping Pte Ltd untuk mengurusi perdagangan komoditas Sino dari Asia ke China. Satu tahun kemudian, Andaman Worldwide Shipping Co Ltd ia dirikan di Thailand.

Tahun 2010, wanita yang sekarang sudah memiliki satu orang anak ini mendirikan perusahaan pemasaran properti bernama Worldwide Property Investment Ltd di Singapura, Indonesia, dan Thailand. Shanghai, Jepang dan Korea menjadi negara berikutnya yang akan menjadi kantor cabangnya.

Sumber : Buku 101 Young CEO

http://goo.gl/dBwkEx

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More