Rabu, 27 November 2013

EGAR PUTRA BAHTERA - Sepatu Kulit Mewah Chevalier

BANDUNG, itb.ac.id - Dalam ajang Sociopreneur Competition yang digelar dalam rangka ITB Fair 2012 baru-baru ini, nama Egar Putra Bahtera cukup memukau perhatian para juri. Egar yang merupakan mahasiswa Teknik Pertambangan ITB angkatan 2009 ini berhasil membawa tim Chevalier menjadi salah satu pemenang dalam ajang prestisius tersebut. Chevalier yang dalam bahasa Perancis berarti ksatria ini merupakan nama dari sebuah brand sepatu karya pengrajin lokal namun dengan kualitas internasional.

Pada awalnya, Egar memulai bisnis tersebut karena hobi. Egar yang memiliki hobi mengkoleksi sepatu, melihat peluang yang sangat besar dalam bidang ini. Menurutnya, dalam segi kualitas, produk sepatu buatan pengrajin lokal memiliki kualitas yang tidak kalah hebat dengan produk luar negeri. "Potensi ini sangat sayang jika hanya dibiarkan," ujar Egar dengan penuh semangat

Egar memulai bisnis tersebut seorang diri. Mulai dari mencari modal awal, melakukan penelitian dan riset untuk menghasilkan sepatu dengan kualitas tinggi, mencari pengrajin yang sesuai, hingga mencari material sepatu dengan kualitas tinggi. Semua itu dia lakukan sendirian tanpa bantuan siapapun.

Menurut Egar, untuk memulai bisnis, kita tidak perlu terpatok dengan latar belakang pendidikan kita. Kita hanya perlu mencari apa yang kita suka, mencari peluang di sana, dan mulai bergerak untuk mencapai tujuan kita.

"Menurut saya, pemimpin yang baik bukanlah pemimpin yang hanya bisa menyuruh anak buahnya. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu membimbing anak buahnya. Karena itu saya ingin berusaha mencoba melakukan semuanya sendiri agar saya juga merasakan apa yang dirasakan oleh anak buah saya kelak," kata Egar.

Motivasi Seperti Mandi

Melakukan semuanya seorang diri tentu tidak mudah. Terkadang dia harus melewati berbagai masa-masa sulit di mana seolah-olah sudah tidak ada jalan keluar lagi. Namun berkat motivasi, semangat dan passion yang tinggi, ia berhasil melewati semua itu dengan baik.

Menurut Egar, motivasi itu seperti mandi. Setelah mandi pagi, badan kita menjadi bersih dan segar. Namun setelah beraktifitas seharian, badan kita menjadi kotor dan kita harus mandi lagi. Begitu pula dengan motivasi, pada saat kita mengalami kegagalan, kita harus kembali memotivasi diri kita, sehingga kita bisa kembali bangkit dari keterpurukan  dan siap untuk mencoba lagi.

Hasil Kerja Keras

Kerja keras Egar kini telah membuahkan hasil. Sejak diluncurkan pada bulan April 2011 lalu, kini Chevalier telah memiliki pasar yang menjanjikan. Dulu dia hanya berhasil menjual 100 pasang sepatu pada enam bulan pertama. Sekarang, pada empat bulan terakhir, dia berhasil menjual sebanyak 200 pasang sepatu.

Egar menggunakan presentasi produk melalui situs internet serta kualitas fotografi sebagai ujung tombak pemasaran. Dia juga telah bekerja sama dengan beberapa concept store ternama di indonesia serta mengikuti berbagai pameran fashion. Dengan kualitas produk yang tinggi serta teknik pemasaran yang baik, Egar berhasil membawa nama Chevalier tidak hanya ke pasar nasional, namun hingga ke pasar internasional.

Egar berharap agar dia dapat terus mengembangkan usahanya menjadi lebih besar lagi. Dan ia ingin Chevalier menjadi salah satu dari produk lokal yang kelak bisa disandingkan dengan produk internasional. 

"Hal itu akan menjadi kebanggaan tersendiri, baik untuk saya, maupun untuk para pengrajin sepatu yang sudah berhasil membuat produk sebaik itu," ujar Egar. "Kebanggaan seperti itulah yang tidak bisa dihargai dengan uang," tambahnya.

Sumber : http://goo.gl/4aV6jt





Baca Juga Kisah Pengusaha Lainnya :

1. ROYAS AMRI BESTIAN - Otak Kanan yang Mengubah Hobi Gambar Jadi Bisnis

2. SYAMMAHFUZ CHAZALI - Mengolah Limbah Sapi Jadi Gerabah Berkualitas Tinggi

3. ACHMAD ROFIQ - Film Animasi yang Akan Membanggakan Negeri

 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More