Rabu, 27 November 2013

ANDI SUFARIYANTO - Setahap Demi Setahap Membangun Kerajaan Bisnis

Terlanjur nyemplung dan sekalian basah. Itulah yang dialami Andi Sufariyanto, CEO Natural Body Care Pourvous. Sejak masih duduk di bangku kuliah tahun ke-2, Andi menjalankan bisnis awalnya dengan bermodalkan uang Rp 250.000. Dia memulai bisnis di tahun1999 dan mulai merasakan hasil di tahun 2005 katanya. 

Sedikitnya ada tujuh jenis usaha yang dilakoninya sebelum merintis usaha produk perawatan tubuh. Pasarnya adalah teman-temannya sendiri yang memiliki kantong tipis, tapi mau memiliki ponsel. Setelah dirasa sukses dalam jual ponsel, Andi merambah bisnisnya pada servis hp namun ternyata berjalan kurang lancar dan akhirnya tutup. Beberapa bulan kemudian Andi membuka usaha cuci mobil rumahan. Di waktu yang bersamaan ia juga menjual produk cina serba lima ribu. Pelan tapi pasti, bisnisnya berkembang sambil berbisnis software, aksesoris, dan desain.

Pada September 2007 Andi pun memulai bisnis besarnya ini. Bersama istri tercinta, mereka memproduksi produk-produk kecantikan dan perawatan tubuh karena awalnya ada pesanan produk perawatan dan kecantikan untuk pra nikahnya. Andi memesan kepada temannya yang bisa memproduksi produk-produk kecantikan tersebut dan memasarkan dengan merek Pourvous.

Setelah jalan, Andi semakin fokus dan mencari tahu melalui internet serta media lain bahwa pasar untuk produk kosmetik yang natural sangat besar. “Di internasional sudah billion, sangat besar,” tegasnya. Pourvous berasal dari bahasa Prancis yang berarti “untuk kamu”. Selama tiga tahun berjalan, produksi untuk satu varian mencapai 2.000 per bulan.

Distribusi produk ini sudah hampir mencapai seluruh kota besar di Indonesia. Selama ini Andi menjual produknya secara online serta melalui beberapa distributor. Beberapa varian Pourvous juga sudah pernah diekspor ke Manila sebanyak dua kali.  

Di bawah PT Adila Imperium buatan Andi, kini ia membangun virtual office. Virtual office dengan menyasar pasar UKM. Virtual office berfungsi membantu sebuah kantor dalam menjalankan bisnisnya, sehingga dapat menghemat biaya yang harus dikeluarkan.

Dukungan orang tua sebenarnya kurang dirasakan oleh Andi. “Kedua orang tua saya tidak berbisnis, mereka bekerja dua-duanya. Namun, yang dilakukan Andi untuk mengubah kedua orang tuanya dari yang semula abstain menjadi dukungan adalah dengan melakukan apa yang sudah seharusnya dilakukan seorang anak saat berkuliah yakni berprestasi baik

Rahasia Andi dalam meraih kesuksesannya adalah membangun modal sosial dalam bentuk jaringan. Untuk menjadi sukses diperlukan skill, knowledge dan network. Skill adalah apa yang kita lalui, knowledge adalah apa yang kita pelajari, dan network adalah siapa yang kita kenal.



Baca Juga Kisah Pengusaha Lainnya :

1. SYAMMAHFUZ CHAZALI - Mengolah Limbah Sapi Jadi Gerabah Berkualitas Tinggi

2. ANDINA NABILA IRVANI - Jutawan Sepatu Lukis

3. ANDI SUFARIYANTO - Setahap Demi Setahap Membangun Kerajaan Bisnis

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More