Selasa, 14 Januari 2014

Wawancara dengan Winsen Eksportir Batu Alam Ke 40 Negara Melalui Internet

Winsen Setiawan JualBatuAlam

Winsen Setiawan adalah founder Jualbatualam.com yang mengekspor batu alam ke 40 negara di dunia, termasuk mengekspor untuk Burj Khalifa Dubai, bangunan tertinggi di dunia. Saya bertemu Winsen beberapa kali di event Nasional Bootcamp, tempat di mana saya sering terkejut karena banyak entrepreneur online senior yang sudah memiliki real result tetapi terus semangat belajar untuk meng-update ilmunya.


Tolong ceritakan awal mula bisnis Anda hingga sekarang ?

Saya memulai bisnis sejak 2004, tetapi secara akte saya memulai bisnis tahun 2006. Yang saya lakukan adalah ekspor granit, marmer, andesit, batu-batu alam yang dipotong untuk ubin atau dinding. Awalnya dulu saya kerja dengan orang Australia, tetapi bisnisnya kolaps dan dia memberikan customernya ke saya. Jaman dulu saya belum mengerti SEO, masih manual. Cara yang saya lakukan masih browsing-browsing di Alibaba dan situs trading batu alam lainnya dan mem-follow up manual email yang ada.

Waktu itu modal saya hanya 100rb, bukan untuk buat website tetapi untuk beli email berbayar (indo.net.id) agar dipercaya, karena jika memakai email biasa seperti yahoo tidak akan dipercaya. Waktu itu masih mengerjakan di kos-kosan dan warnet. Umur saya 25 tahun waktu itu. Omzet yang didapat waktu itu belum terlalu banyak hanya sekitar 3 bulan 1 kontainer dan 1 tahun 6 kontainer.
Bisnis saya mulai berkembang di tahun 2007, waktu itu saya mendaftar kursus internet marketing pengajarnya Tonton Taufik, anak NBC juga, di situ belajar tentang keyword research.  Tahun pertama omzet yang didapat sekitar $40.000, omzet ini pun baru didapat tahun 2006, sejak 2004 bisnis saya belum menghasilkan sama sekali.

Profit yang saya dapat sekitar 10 juta untuk 1 kontainer.
Tahun 2007 setelah ikut kursus internet marketing, omzet saya mulai naik, dari tahun 2006 hanya 3 negara, tahun  2007 mulai masuk ke 10 negara. Puncaknya tahun 2010 setelah ikut NBC, 1 bulan bisa mendapat order 30 kontainer. Efek dari optimasi web cukup tinggi, dibantu juga karena saat itu lagi ada project.  Sekarang bisnis saya sudah masuk ke 40 negara dibantu oleh 7 karyawan sekarang.


Bagaimana cara menaikkan omzet hingga seperti sekarang ?

Website itu penting dan sering-seringlah visit dan browsing-browsing ke portal trading seperti Alibaba dan menjadi member, dari dulu awalnya menjadi member gratis, lama-lama beli premium membership.

Faktor yang membuat bisnis saya berkembang adalah returning customer yang besar mencapai 80%. Customer yang lama dikumpulkan pelan-pelan jadi banyak. Return customer kebanyakan customer corporate, sedangkan yang individu kebanyakan tidak return.

Persaingan yang ada sebenarnya waktu itu tidak sedikit, saya coba bertanya kepada mereka, kenapa mereka return kepada saya. ternyata kuncinya adalah : fast response dan response real time. Yang penting selalu membalas email dari customer dengan cepat dan profesional. Walaupun saya belum memiliki solusi pada saat itu, tetap saya usahakan untuk membalas dan menjanjikan jawaban esok hari “besok ya saya balas”. Di kantor saya selalu tekankan pada karyawan saya bahwa email di atas 12 jam itu basi dan tidak akan menghasilkan apapun. Jadi selalu balas email sebelum 12 jam.

Kemudian hal yang membuat sukses lainnya adalah disiplin finansial, selalu pisahkan uang Anda dengan uang perusahaan. Banyak orang jatuh di sini, walaupun mereka memiliki servis yang bagus. Walaupun saya di sini sebagai owner, saya orangnya profesional, tidak pernah menggunakan uang perusahaan. Saya orangnya tidak boros sehingga saya hanya hidup dari bonus-bonus saja.

Bagaimana Strategi Marketing Ekspor Terbaik Melalui Internet ? Wawancara dengan Winsen Eksportir Batu Alam Ke 40 Negara
Foto waktu pertama ekspor


Bagaimana tips dan tricknya di Alibaba supaya dapat sales ?

Yang pertama adalah membeli Gold Membership sekitar $3000/ tahun. Jika kita membeli Gold Membership di Alibaba kita akan dapat keyword research di Alibaba, seperti keyword research di Google, kita bisa mainkan kata kunci di title produk dan deskripsi produk

Dengan membeli membership, produk saya juga selalu muncul di bagian paling atas search result, kita juga diminta rekening koran, surat-surat perusahaan, jadi customer lebih percaya, lebih trust, karena kita mendapatkan logo trust Gold Supplier.

Saya pernah hampir bangkrut waktu itu, ditipu sekitar 200 juta lebih oleh customer yang tidak membayar. Waktu itu yang menyelamatkan saya adalah backup dana dan integritas saya. Saya tidak pernah membohongi customer jadi saya bisa dipercaya. Ini sebenernya tips dalam berdagang yaitu selalu utamakan kejujuran.


Bagaimana dengan lokal ?

Website saya jualbatualam.com. Sekarang saya main lokal dan membuka web lokal. Saya mendapat proyek tidak lama setelah itu dari World Trade Center di Sudirman Jakarta. Untuk batu alam yang diluar sudah sampai Lego Land di Malaysia, Sentosa Island di Singapore, proyek dari Burj Khalifa Dubai (gedung tertinggi di dunia) dan anamandara resort di Vietnam dan banyak lainnya.

Di tahun 2012 saya sudah merambah menjadi aplikator dan tidak hanya mengekspor barang mentah keluar negeri, tetapi juga memasangkan dan membuatkan design. Sekarang lagi mendapatkan project di Brunei. Di kantor saya sudah punya roadmap bahwa perusahaan saya sampai 20 tahun ke depan akan menjadi seperti apa.


Ada hal lainnya yang mau disampaikan ?

Alibaba dan customer sangat suka dengan details. Jika Anda ingin menjual barang di sana haruslah detail, seperti gambar, fungsinya, tebalnya, hasil lab testnya seperti apa, warnanya, kekuatan tekanan, cara pemasangannya dan dan banyak lainnya.

Sebenarnya Alibaba hanya memunculkan info, customer yang membuka. Apabila semakin sedikit informasi yang kita tampilkan di dalamnya, customer tidak akan memfollow up kita.

Di Alibaba kalau kita beli Gold membership, kita dapat webinar gratis untuk para Gold supplier, di hari-hari tertentu semua anggota gold supplier sedunia dikumpulkan secara online supaya naik di search result caranya bagaimana, menu-menu baru di Alibaba seperti apa, penjelasan fitur dan tips baru.

Bagaimana Strategi Marketing Ekspor Terbaik Melalui Internet ? Wawancara dengan Winsen Eksportir Batu Alam Ke 40 Negara
Bagaimana Strategi Marketing Ekspor Terbaik Melalui Internet ? Wawancara dengan Winsen Eksportir Batu Alam Ke 40 Negara

Alibaba untuk saya efektif sekali, dalam sehari saya bisa mendapat email 2-3 kali. Ini lebih penting dari SEO. Alibaba lebih powerful dibanding traffik dari search engine, marketplace untuk ekspor menurut saya Alibaba.com.

Rekan seperti Pak Frans (peraih 2x penghargaan eksportir dari presiden) memang masuk ke banyak marketplace selain Alibaba, tetapi “tim Jepara” seperti Pipin Girsang, Robert Darwin, Ponco Suhirno semuanya Alibaba Gold Supplier. Sangat powerful.

Karena mindset di dunia perdagangan ekspor, orang yang mau membeli tidak akan ke Google karena hasil yang ditampilkan Google akan bias. Mereka lebih senang ke portal seperti Alibaba dan mencari di sana. Persentasi penjualan saya 90% dari Alibaba sementara dari website hanya sekitar 10%.


Untuk sarana promosi lain, mungkin iklan ?

Akhir-akhir ini saya membuat website yang lebih niche, misalnya produk saya yang paling terkenal saya tembak kata kuncinya, saya buatkan website.

Kedua, pakai adwords. Adwords menggunakan kata kunci targeted, kalau mentarget Brazil, keywordnya menggunakan bahasa Portugis.

1 kata kunci untuk 1 negara bahkan hanya untuk 1 kota.

Cara ini sangat tertarget karena saya selalu spesifik. Banyak email masuk dari sana dan 99% tertarget karena yang ingin dibeli adalah barang yang saya iklankan.

Suatu barang, kita harus kenal nama dagangnya (nama populernya) di sana. Untuk mengetahuinya kita harus cek ada tidak importir pioneernya di sana ? Kalau kita tidak tahu nama dagang yang sudah dikenal oleh masyarakat di sana (mis.Brazil) kita akan struggle sendiri.

Kalau kita melakukan hal seperti ini (menggunakan nama yang sudah populer di target pasar) bisnis kita bisa lebih cepat jalan ketimbang pakai nama sendiri yang effortnya jauh lebih besar untuk brand building.

Ini menurut saya masuk ke ranah business skill, seperti “me-mata-matai pasar”, pioneer market di sana pakai nama apa ya ? hal ini sering kali tidak ada di Google, tetapi kita harus tanya-tanya di market sebenarnya, termasuk tanya ke supplier dan customer.

Salah satu situasi yang saya lihat dari para eksportir di Indonesia, hampir 80% dihandle oleh broker dari Malaysia dan Singapura. Hanya sedikit yang bisa direct karena kemampuan bahasa, teknikal skill dokumen ekspor, faktor tidak bankable, tidak punya badan hukum

Sebagai entrepreneur kita harus selalu belajar, kadang orang merasa puas sudah bisa ekspor, tetapi mereka tidak belajar mengelola bisnis secara profesional, tetapi mengelolanya seperti toko kecil. Akhirnya mereka beli mercy tetapi bisnisnya begitu-begitu saja, seharusnya belajar mengubahnya lebih profesional, karyawan di training, manajemennya diatur, upgrade skill keuangan kita, upgrade skill hukum, karena bisnis selalu berkembang.

Sumber: http://goo.gl/J6oR0M

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More